Senin, 28 Desember 2015

MENYIAPKAN MATERI PRESENTASI DIKELAS dengan MENGGUNAKAN POWER POINT


Sekolah kita belum punya infocus…? (he he he). Sudah ketinggalan jauh sebenarnya jika sekolah dizaman sekarang ini belum punya infocus barang sebiji pun. Kenapa begitu, karena sekarang ini zamannya teknologi. Jadi sekolah sebagai tempat transfer ilmu pengetahuan dari guru ke murid masa’ malah jauh dari hal-hal yang berbau pengetahuan. Selain itu untuk mendukung program pemerintah dengan diterapkannya kurikulum 2013 mau tidak mau sekolah harus mempunyai infocus. Tanpa adanya barang tersebut maka susah bagi  kita untuk  mengaplikasi model pengajaran K13.

Selain infocus, sekolah harus mempunyai
perangkat teknologi satu lagi, yaitu laptop, tidak mungkinkan kita mau mengajar dikelas dengan metode presentasi power point tapi harus nenteng-nenteng infocus dan PC ke dalam kelas?

Tapi pertanyaannya sudahkah kita mampu menyiapkan materi ajar dengan menggunakan power point dengan baik? Berikut ini adalah cara membuat materi ajar dengan menggunakan power point dengan baik.

Sebelum kita mulai membuat materi dengan menggunakan power point, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

1.      Kita harus menulis materi dalam power point itu hanya point-pointnya saja.
2.      Hindari menulis pengertian-pengertian yang panjang didalam power point, hal ini akan menyebabkan huruf akan mengecil.
3.      Jangan lupa langsung dipraktekkan agar mudah memahaminya
 Let’s start….

1.      Buka program power point kita. Saya yakin kita sudah bisa membuka program power point. Kalau belum berikut langkahnya. Klik start è all programs èmicrosoft officeè power point.
Maka akan muncul tampilan seperti berikut.



2.      Tulislah judul materinya di bagian kotak yg ada tulisan “Click to add title” diatas.
Jika sudah ditulis judulnya, silahkan anda ubah-ubah tampilan/animasi sesuka hati dibagian atas, yaitu pada menu Animations. Disitu akan ada beberapa pilihan yang dapat digunakan.
3.      Untuk mendesign slide, silahkan dicoba bagian menu desaign.

4.      Selanjutnya langkah-langkah 1-3 dapat diterapkan untuk slide selanjutnya.


Dan perlu diingat jangan menuliskan banyak materi dalam satu slide, akan lebih baik jika dibagi kedalam beberapa slide.

Demikian langkah sederhana dalam menyiapkan materi pembelajaran dengan power point. Jika dirasa masih kurang silahkan browsing di mbah google. Dan yang paling penting jangan takut untuk mengutak-atik sendiri. Karena pengalaman lebih penting dari sekedar teori. KEEP SPIRIT TO TRY..

Untuk menyisipkan suara dan video, tunggu postingan selanjutnya….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar